Cara Mengetahui Ukuran Baju Wanita yang Benar

Cara Mengetahui Ukuran Baju Wanita

Trend saat ini adalah membeli apapun secara online, tak terkecuali baju. Namun, banyak orang ragu membeli baju secara online karena tidak bisa melihat ukurannya secara langsung. Sebagian menjadi kapok membeli baju online karena tidak tahu cara mengetahui ukuran baju wanita.

Tanpa tahu caranya mengukurnya, maka baju yang dibeli secara online berisiko tidak bisa dipakai karena kebesaran atau kekecilan.

Apabila kebesaran, masih ada opsi untuk mengecilkan, akan tetapi jika kekecilan, tentu sama sekali tidak bisa digunakan.

Mengetahui Ukuran Baju Wanita

Untuk itu, Anda harus mengetahui ukuran baju seperti apa yang cocok bagi tubuh agar memudahkan saat ingin membeli baju online. Ada beberapa hal yang bisa dicoba, di antaranya:

  • Ukur Tubuh dengan Pita Meter

Kebanyakan penjual baju di online shop akan memberikan keterangan ukuran baju di kolom keterangan. Misalnya, ukuran lebar, panjang dan lingkar dada konsumen yang bisa menggunakan baju tersebut.

Dengan demikian, Anda bisa melakukan pengukuran tubuh agar mengetahui apakah ukuran sesuai dengan keterangan yang tercantum.

BACA JUGA : Ini Nih Macam - Macam Ukuran Gamis untuk Tinggi 150

Apabila hanya menggunakan size chart S, M, L, XL, maka tidak akan efektif karena setiap baju patokan size chartnya berbeda.

Lakukan pengukuran tubuh dengan pita meter, dengan cara sebagai berikut:

  • Ukur Diameter Dada

Caranya, pasang pita meter melinkar pada bagian atas dada. Longgarkan antara 1 sampai 2 cm agar tidak terlalu ketat. Saat melakukan pengukuran, jangan menggunakan baju tebal atau jaket agar detailnya lebih akurat.

  • Ukur Panjang

Anda bisa membentangkan pita meter dari ujung pundak hingga bawah pinggul. Akan tetapi, jika ingin membeli baju panjang seperti gamis, pita meter bisa direntangkan hingga mencapai mata kaki.

  • Mengukur Lengan

Silahkan rentangkan pita meter dari ujung pundak sampai batas panjang baju yang diinginkan. Apabila tidak memiliki pita meter, Anda bisa menggunakan benang yang direntangkan seperti cara pengukuran di atas.

Setelah itu, bentangkan benang ke lantai, lalu ukur dengan penggaris. Anda bisa mendapatkan pengukuran tubuh yang efektif dengan cara ini.

  • Kenali Karakteristik Bahan dan Jenis Baju

Selain ukuran, penjual baju di olshop akan memberikan keterangan bahan dan jenis baju yang dijual. Dengan demikian, Anda bisa mengenali karakteristik baju tersebut.

Apabila ingin membeli sweater dengan bahan kaus katun dan wol, naikkan satu nomor di atas ukuran agar lebih nyaman dipakai.

Namun, jika ingin membeli baju berbahan denim, polyester hingga baju rajut, Anda bisa memilih ukuran yang lebih kecil karena akan melar setelah beberapa kali pencucian. Baju jenis tersebut akan semakin longgar jika sering dipakai.

  • Lihat Model Baju yang Akan Dibeli

Umumnya, pakaian terdiri dari dua model, yaitu slim fit dan oversized. Model slim fit dikonsep lebih sempit. Biasanya, bagian lengan dari bahu menuju pergelangan akan semakin mengecil.

Ukuran Baju Wanita
Ukuran Baju Wanita

Baju akan menempel pada badan secara langsung. Baju desain slim fit kurang cocok untuk orang gemuk.

Sedangkan baju dengan model oversized ukurannya lebih besar. Apabila digunakan akan terlihat kebesaran. Sesuaikan dengan bentuk tubuh agar baju oversized ini semakin cocok di tubuh.

Sebenarnya, orang dengan tubuh kecil lebih mudah memilih baju antara slim fit atau oversized.

  • Lihat Contoh Baju yang Dikenakan Model

Baju yang digunakan model akan semakin terlihat ukurannya dengan jelas. Terlebih, jika Anda mengetahui tinggi dan berat badan model. Maka akan lebih tahu ukuran baju dengan mudah. Ini jadi referensi yang tepat untuk mengetahui ukuran baju.

Mengetahui Ukuran Pakaian dari Berat Badan

Ukuran paling umum saat membeli baju ditentukan melalui S, M, L, XL dan seterusnya. Size ini sering jadi patokan besar kecilnya pakaian.

Akan tetapi, setiap merk pakaian memiliki standarnya masing-masing, sehingga sering terjadi kesalahan jika hanya menyebutkan ukuran S, M, L, XL.

Sebenarnya, ukuran paling umum untuk patokan S, M, L, XL seperti apa? Berikut, cara mengetahui ukuran baju wanita dari berat badan yang dapat dipahami. Dengan begitu, dapat dijadikan referensi apabila akan membeli baju secara online.

SizeSMLXLXXL4L5L
Berat badan40-5050-6060-7070-8080-9090-100100-110
  • Ukuran S

Ukuran baju S biasanya akan dipilih oleh wanita yang bertubuh kecil. Sebenarnya, di bawah S ada ukuran XS untuk orang bertubuh lebih mungil dari segi bobot dan tingginya. Orang yang menggunakan ukuran baju S, umumnya memiliki ukuran pinggang 82-86 cm.

  • Ukuran M

Standar ukuran M biasanya akan dipilih oleh orang yang tubuhnya proposional, tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil. Umumnya, para wanita akan memilih ukuran ini agar lebih aman dan pas ditubuh.

Cara Mengetahui Ukuran Baju Wanita
Cara Mengetahui Ukuran Baju Wanita
  • Ukuran L

Ukuran L, secara internasional diakui sebagai nomor 40. Wanita dengan tubuh lebih besar akan memilih ukuran ini agar tidak kekecilan. Wanita yang memiliki tubuh proposional namun suka menggunakan baju lebih longgar, juga cenderung memilih ukuran ini.

  • Ukuran XL

Wanita dengan tubuh over weigh akan cenderung memilih ukuran ini karena akan pas digunakan. Ukuran extra large memang ditujukan untuk orang gemuk atau bongsor.

  • Ukuran XXL ke atas

Ukuran baju XXL, 4L, 5L ditujukan untuk wanita dengan tubuh lebih besar dari XL.

Lakukan Pengukuran Tinggi Badan

Cara mengetahui ukuran baju wanita dari tinggi badan juga bisa dijadikan alternatif saat membeli baju. Namun, lagi-lagi ini tidak bisa dijadikan patokan pasti.

Pasalnya, pengukuran lebih detail harus dilakukan karena setiap bobot dan tinggi badan sangat berbeda dengan bentuk tubuh.

Apabila Anda ingin melakukan pengukuran baju dari tinggi badan, silahkan mengukur tinggi badan dengan posisi tegap lurus di dinding. Mintalah bantuan untuk melakukan pengukuran dari kepala sampai titik yang diinginkan.

Tentu saja, jika tidak memiliki pita meter, Anda bisa menggunakan benang yang kemudian diukur menggunakan penggaris. Selain itu, juga bisa melakukan pengukuran dengan menggunakan jengkal tangan meski tidak terlalu akurat.

Mengetahui Ukuran Baju Wanita dari Pengukuran Tubuh

Ukuran bobot dan tinggi badan sebenarnya bukan patokan yang akurat untuk menentukan ukuran baju seorang wanita.

Cara tersebut hanya ukuran pada umumnya yang digunakan pemilik berat badan dalam mengetahui size baju. Pasalnya, ada pengukuran lebih detail lagi, terkait ukuran badan.

Dari tabel berikut ini, Anda akan mengetahui secara detail ukuran baju yang dapat digunakan saat membeli pakaian melalui online shop.

Ukuran hurufXSSMLXL XXL XXXL 
Ukuran angka34363840424446485052
Pinggang (cm)55/5959/6363/6767/7 171/7575/7979/8383/8787/9595/10 3
Dada (cm)78/8282/8686/9090/9494/9898/10 2102/102106/110110/116116/122
Pinggul (cm)84/8888/9292/9696/100100/104104/108108/112112/116116/122122/128

Itulah cara mengetahui ukuran baju wanita yang dapat digunakan sebagai patokan saat membeli baju secara online. Ada baiknya tidak menentukan ukuran dari berat badan dan tinggi tubuh saja, tapi melakukan pengukuran secara detail agar baju lebih nyaman saat digunakan.

BACA JUGA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *