Flek Coklat Sebelum Haid Bolehkah Sholat

Flek Coklat Sebelum Haid Bolehkah Sholat

Haid merupakan salah satu kodrat yang dialami oleh semua wanita di setiap bulan. Ketika tiba masa menstruasi, maka tidak diperbolehkan untuk melakukan ibadah seperti sholat dan puasa. Bagaimana dengan flek coklat sebelum haid bolehkah sholat? Hal ini sering menjadi pertanyaan banyak wanita.

Hukum Flek

Sebelum dan sesudah haid biasanya akan ada tanda-tanda berupa flek yang berwarna kecoklatan. Cairan tersebut sebagai tanda akan dimulainya haid atau berakhirnya haid. Cairan tersebut dihukumi sebagai haid jika keluar dalam kurun waktu masa haid yang biasanya dialami.

Flek Coklat Sebelum Haid Bolehkah Sholat
Flek Coklat Sebelum Haid Bolehkah Sholat – Sumber : Unsplash.com

Sementara itu, flek coklat dihukumi bukan haid jika keluarnya selain di masa siklus haid. Untuk mengetahui flek coklat tersebut termasuk haid atau bukan tentu lebih mudah karena biasanya setiap bulan wanita memiliki tanggal yang pasti untuk siklus haid masing-masing.

Shufrah adalah cairan kekuningan, sedangkan kudrah adalah cairan kecoklatan. Jika flek masih dihukumi haid maka sholat tetap harus dilakukan. Sehingga Anda harus memahami kebiasaan masa-masa haid agar lebih mudah menentukan apakah flek coklat termasuk dihukumi haid atau tidak.

Penyebab Keluarnya Flek

Munculnya flek saat menjelang haid ataupun sesudah haid menjadi hal yang wajar dan tidak perlu diresahkan. Flek coklat yang muncul juga bisa menjadi pertanda hamil, menopause, atau haid. Berikut ini penyebab munculnya flek yang sering dialami oleh wanita, diantaranya:

Ciri-ciri Hamil

Flek coklat bisa menjadi pertanda bahwa seseorang mengalami kehamilan. Ciri-ciri seperti ini disebut dengan pendarahan implantasi yang terjadi dalam kurun waktu 1 – 2 minggu setelah sel telur berhasil dibuahi. Namun, ini tidak bisa menjadi ciri umum dan hanya beberapa wanita yang mengalaminya.

Flek coklat yang menjadi/ciri-ciri hamil biasanya diiringi dengan gejala lainnya seperti sakit kepala, perubahan suasana hati, mual, muntah, kram perut, payudara terasa kencang, dan lainnya. Jika keluarnya flek disertai tanda hamil, maka hukum sholat tetap wajib karena statusnya bukan haid.

Gejala PMS atau Premenstrual Syndrome

Sebagian besar wanita akan mengalami flek atau bercak coklat saat menjelang haid karena merupakan salah satu tanda gejala PMS. Itu artinya haid akan segera datang dalam waktu dekat. Biasanya berselang satu hingga dua hari atau ada juga yang hanya beberapa jam.

BACA JUGA : Pakaian Wanita Muslimah Menurut Syar’i

Flek coklat yang menjadi gejala PMS biasanya diiringi dengan gejala lain seperti perut yang terasa kram, payudara terasa kencang, dan memang sudah masuk ke tanggal siklus haid. Jika demikian maka flek tersebut termasuk salah satu bagian dari haid sehingga tidak diperbolehkan untuk sholat

Sisa Menstruasi

Flek coklat juga bisa muncul setelah siklus haid akan selesai. Flek yang berwarna coklat ini biasanya muncul karena sisa darah haid menstruasi bercampur dengan cairan keputihan. Sisa darah setelah haid tersebut masih menempel pada rahim dan masih bisa keluar sewaktu-waktu.

Ketika mengalami flek saat setelah haid yakni di hari-hari terakhir, maka tidak perlu khawatir karena itu adalah pertanda bahwa haid akan segera selesai. Namun, karena flek ini masih dalam satu siklus haid dan bersambung dengan masa menstruasi maka masih belum diperkenankan untuk sholat.

Vagina Mengalami Cedera

Vagina yang mengalami cedera juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya flek coklat. Umumnya jika mengalami cedera bagian intim ini maka akan keluar darah yang berwarna kecoklatan hingga merah. Cedera ini biasanya diakibatkan karena aktivitas berhubungan seks yang terlalu kasar.

BACA JUGA : Ini Nih Tips Memutihkan Wajah Secara Alami

Menggunakan kondom saat berhubungan seks maupun tampon juga bisa menjadi salah satu penyebab area vagina mengalami iritasi. Sehingga muncullah flek berwarna kecoklatan tersebut. Flek ini tidak termasuk bagian dari haid sehingga tetap diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat

Usai Melakukan Tes Pap Smear

Pap smear merupakan salah satu test yang dilakukan untuk memeriksa area vagina. Karena bagian intim wanita ada kontak erat dengan alat tersebut maka biasanya menyebabkan flek coklat. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena nantinya bercak berwarna coklat tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Berhubung keluarnya flek ini tidak dikarenakan bersambung dengan siklus menstruasi, maka hukumnya tetap diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat. Jika bercak berwarna kecoklatan tersebut tidak kunjung hilang lebih baik segera konsultasikan dengan dokter khawatir adanya iritasi.

Penggunaan Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi biasanya digunakan oleh pasangan suami istri yang ingin melakukan program KB. Baik menggunakan pil, KB implan, suntik, spiral, maupun alat kontrasepsi jenis lainnya. Penggunaan alat tersebut bisa menjadi salah satu penyebab munculnya flek coklat.

Kemunculan flek coklat ini biasanya secara tiba-tiba apalagi bagi yang baru pertama kali menggunakan alat kontrasepsi hormonal. Flek ini masih tergolong normal dan biasanya berlangsung selama 6 sampai 12 bulan. Dalam hal ini hukum sholat masih wajib untuk tetap dilakukan.

Perimenopause

Wanita akan mengalami menopause pada usia 40 hingga 50 tahun. Flek coklat yang muncul ini bisa menjadi salah satu pertanda bahwa anda sedang dalam masa perimenopause atau masa peralihan apalagi jika sudah memasuki usia tersebut.

Masa ini menjadi masa peralihan saat sebelum haid benar-benar berhenti total. Selain bercak berwarna coklat biasanya ada gejala lain yang juga menyertai seperti sulit tidur, vagina kering, perubahan suasana hati, berkeringat saat di malam hari, serta mengalami hot flashes pada wajah dan tubuh.

Penyakit Radang Panggul

Flek coklat juga bisa menjadi salah satu pertanda penyakit seperti radang panggul atau infeksi pada organ reproduksi wanita. Infeksi ini bisa terjadi pada bagian rahim, indung telur, leher rahim, atau tuba fallopi. Penyebab penyakit ini bisa karena adanya bakteri yang ditularkan saat berhubungan seksual.

Flek coklat yang muncul karena penyakit radang panggul biasanya diiringi dengan gejala lain. Seperti timbulnya aroma tidak sedap, vagina terasa nyeri saat berhubungan, serta ada sensasi terbakar. Saat mengalami kondisi seperti ini hukum sholat tetap wajib namun lebih baik segera periksakan ke dokter.

Penyakit Seks Menular

Penyakit seks menular seperti gonore atau klamidia juga bisa menimbulkan munculnya bercak coklat. Kemunculan flek ini terjadi di luar waktu menstruasi sehingga tidak termasuk dari bagian darah haid. Dalam hal ini hukum sholat tetap wajib untuk dilakukan.

Selain mengalami kemunculan flek coklat biasanya juga ada gejala lain yang dialami seperti vagina yang terasa sangat gatal, keluarnya cairan yang tidak normal, sensasi terbakar, dan nyeri pinggul. Jika mengalami gejala di atas sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

BACA JUGA : HAID Kamu Telat 2 Bulan? Simak Artikel ini Ya Say!!

Mengetahui penyebab munculnya flek coklat tersebut juga bisa menjadi salah satu acuan untuk mengetahui apakah termasuk bagian haid atau tidak. Jika sudah mengetahui penyebabnya maka Anda pun akan bisa menjawab flek coklat sebelum haid bolehkah sholat?

Cek Artikel Lain yang membahas Informasi Wanita Muslimah di Website GamisAulia.com ini ya Loversss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *