Agar Haid Cepat Selesai dan Bersih

Agar Haid Cepat Selesai dan Bersih

Agar Haid Cepat Selesai – Beberapa wanita ingin agar haid cepat selesai dan bersih sehingga tidak mengganggu aktivitasnya. Siklus normal haid sendiri biasanya berkisar antara 3 sampai 7 hari. Namun, ada juga wanita yang mengalami lebih dari siklus tersebut sehingga ingin mengatasinya agar bisa siklusnya kembali normal.

Cara Mempercepat Haid

Mempercepat haid bisa lebih efektif jika dilakukan sebelum jadwal datang bulan tiba. Hal ini mengingat siklus haid biasanya akan terus berulang setiap bulannya. Anda bisa mencoba beberapa cara agar haid cepat selesai dan bersih dengan cara seperti berikut ini:

Mengkonsumsi Pil KB

Pil KB merupakan jenis obat hormonal yang dapat membantu mengatur siklus haid. Dengan mengkonsumsinya maka siklus menstruasi Anda bisa lebih cepat selesai karena kadar hormon di dalam tubuh akan meningkatkan durasi pendarahan. Haid terjadi pun bisa lebih dipersingkat lagi.

Cara ini sifatnya sementara sehingga jika ingin menghentikan dalam jangka waktu yang lama lebih baik berkonsultasi dengan dokter.

Namun, penggunaan metode kontrasepsi yang sifatnya hormonal dengan kurun waktu yang lama bisa menimbulkan resiko kanker.

Mengkonsumsi Pil Anti Nyeri

Beberapa wanita ada yang mengalami nyeri perut dan kram yang sangat sakit saat menstruasi. Tak jarang ada yang menggunakan pil anti nyeri seperti ibuprofen untuk menghentikan dan membantu mengatasi rasa nyeri tersebut.

Namun, ternyata cara ini tidak direkomendasikan jika dilakukan secara rutin setiap hari. Dosisnya tetap harus sesuai dengan resep dokter karena jika dikonsumsi pada dosis yang tinggi pil anti nyeri ini bisa membantu mempercepat proses haid.

Minum Air Putih

Air putih adalah kebutuhan pokok yang harus dikonsumsi setiap hari untuk mencegah dehidrasi. Ternyata meminum air putih yang cukup juga bisa membantu untuk mempercepat haid agar lebih cepat selesai dengan siklus yang tetap normal.

agar haid cepat berhenti
agar haid cepat berhenti – Sumber : Unsplash.com

Hal ini dikarenakan saat tubuh kekurangan cairan, darah biasanya akan lebih kental akibatnya proses keluar dari tubuh lebih lambat. Maka Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi air putih yang cukup agar memperlancar keluarnya darah haid.

Mengkonsumsi Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Selain dapat meningkatkan imun tubuh dan mengatasi berbagai penyakit, jahe juga dipercaya bisa membantu mengurangi pendarahan pada saat menstruasi sehingga haid pun bisa lebih cepat selesai.

BACA JUGA : Flek Coklat Sebelum HAID, Bolehkah Sholat?

Anda bisa mengkonsumsi jahe dengan cara membuatnya sebagai teh jahe, menyeduhnya dengan air hangat, atau mengkonsumsinya dalam bentuk masakan. Dengan mengkonsumsi jahe ini maka haid bisa berhenti lebih cepat dan lebih bersih.

Mengkonsumsi Adas

Salah satu jenis rempah ini dipercaya bisa melancarkan siklus haid. Selain bisa membuat agar haid cepat selesai dan bersih, adas juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa nyeri ketika haid. Adas juga merupakan salah satu bahan komponen untuk membuat minyak telon.

Adas merupakan salah satu komoditi ekspor dan biasanya diolah menjadi bumbu masak atau jamu. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung dengan menyeduhnya atau meminumnya sebagai jamu. Komoditas rempah yang satu ini juga disuling untuk dijadikan minyak.

Pola Makan yang Seimbang

Mengkonsumsi pola makan yang seimbang dan sehat sangat bagus untuk keseimbangan hormon dan metabolisme tubuh. Sehingga secara tidak langsung makanan yang sehat dan bergizi juga dapat membantu meredakan nyeri haid dan melancarkan menstruasi.

agar haid cepat selesai secara alami
agar haid cepat selesai secara alami – Sumber : Unplash.com

Jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi adalah buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah. Contohnya seperti pisang, kunyit, dan kayu manis. Makanan yang mengandung omega-2 yang tinggi seperti salmon juga bagus untuk memperlancar haid. Termasuk telur yang mengandung vitamin D.

Menjaga Badan

Berat badan yang kurang ideal atau terlalu gemuk biasanya memiliki kadar lemak yang terlalu tinggi pada tubuh. Kadar lemak yang terlalu tinggi tersebut dapat mempengaruhi ketidakseimbangan hormon reproduksi pada wanita. Hal tersebut membuat siklus haid menjadi lebih lama.

Anda bisa menjalani diet yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta olahraga rutin. Olahraga yang disarankan seperti jalan kaki setiap hari, senam, atau hiit cardio. Sementara itu, makanan yang sebaiknya dikurangi adalah yang mengandung banyak karbohidrat

Tidak Menggunakan Tampon

Menggunakan tampon dianggap lebih aman saat sedang menstruasi karena memiliki daya serap yang bagus. Namun tampon ternyata bisa berpotensi menghalangi aliran darah untuk keluar dari vagina. Alhasil masa haid menjadi lebih panjang.

Oleh karena itu, lebih disarankan agar menggunakan menstrual cup atau pembalut dibandingkan tampon. Karena keduanya tidak menghalangi darah mengalir dari rahim untuk dikeluarkan ke luar vagina ketika menstruasi.

Jika cara-cara tersebut diatas masih belum berhasil juga maka sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter jika mengalami haid yang terlalu lama. Karena bisa jadi ada masalah di dalam organ reproduksi sehingga harus segera ditangani dengan tepat.

agar haid cepat berhenti
bagaimana agar haid cepat berhenti – Sumber : Unsplash.com

Penyebab Haid Lebih Lama

Haid yang lebih lama dari siklus normal tidak boleh disepelekan begitu saja. Siklus yang normal antara 3 sampai 7 hari. Jka lebih dari itu maka ada sesuatu yang mungkin tidak normal sehingga menimbulkan kekhawatiran. Apa saja penyebabnya?

Ketidakseimbangan Hormon

Hormon yang tidak seimbang bisa menyebabkan periode menstruasi menjadi lebih lama. Perubahan hormon ini biasanya terjadi saat pertama kali menstruasi atau karena memang tidak adanya ketidakseimbangan hormon dikarenakan kondisi kesehatan seperti sindrom PCOS dan tiroid.

Hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan lamanya siklus menstruasi juga berubah karena kadar estrogen dan progestin menjadi tidak seimbang. Ketika tubuh tidak berovulasi maka rahim menjadi sangat tebal pada bagian lapisannya sehingga darah pun keluar lebih lama.

Kista Ovarium

Kista merupakan salah satu kendala yang mungkin sering dialami oleh para wanita. Kista ovarium dapat menyebabkan terjadinya perdarahan menstruasi yang tidak teratur selama siklus. Kista  termasuk jinak dan jarang bersifat kanker. Namun, ketika ukurannya besar bisa mengganggu aliran normal.

Adanya kista di dalam rahim juga dapat menyebabkan rasa sakit dan perut kram yang begitu luar biasa ketika menstruasi. Darah yang dikeluarkan pun bisa lebih banyak daripada darah haid pada umumnya.

Fibroid dan Polip

Fibroid pada rahim dan polip juga dapat menyebabkan pendarahan yang cukup panjang sehingga menstruasi pun menjadi lama karena jaringan otot mulai tumbuh pada bagian dinding rahim. Polip merupakan pertumbuhan yang tidak normal pada jaringan yang ada pada organ reproduksi.

BACA JUGA : Wajah Kamu ingin Putih Alami? Simak Artikel ini Ya Say!!

Ketika mengalami fibroid dan polip pada bagian organ reproduksi, maka kemungkinan pendarahan sebelum dan setelah menstruasi akan membuat siklus haid menjadi lebih lama. Jika mengalami gejala yang dicurigai polip dan fibroid, segera konsultasikan kepada dokter untuk diperiksa.

Sebagai wanita Anda harus aware terhadap kondisi kesehatan diri khususnya pada bagian organ reproduksi. Karena jika ada masalah sebaiknya segera ditangani termasuk masalah haid yang lama maka harus segera cari solusi agar haid cepat selesai dan bersih.

Oiya Gaes, kalo kamu pingin tahu info mengenai kewanitaan yang laen, sila klik GamisAulia.com yak. Ada juga koleksi busana wanita muslimah yang pastinya bakal bikin kamu baper 😀

BACA JUGA :

Pengunjung Juga Mencari :

  • cara agar cepat haid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *