Inilah Khasiat Daun Bidara untuk Ruqyah

Daun Bidara untuk Ruqyah

Bidara Ruqyah – Daun bidara merupakan salah satu jenis tanaman yang populer di Indonesia. Tanaman ini dipercaya sebagai sarana untuk ruqyah. Namun, penggunaan daun bidara untuk ruqyah tidak bisa sembarangan. Ada tata cara dan aturan tersendiri yang perlu dipahami.

Ciri dan Karakteristik Daun Bidara

Daun bidara adalah salah satu jenis tumbuhan yang berasal dari kawasan Asia Tengah. Kemudian, menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Namun, tanaman satu ini banyak tumbuh di daerah kering.

Tanaman ini termasuk jenis pohon berkayu kecil dengan daun yang tidak begitu lebar.

Jika ditanam, bentuknya rimbun seperti payung. Tumbuhnya bidara bisa mencapai 15 meter apabila dirawat dengan baik.

Bidara juga bisa berbunga serta berbuah. Kemampuan adaptasi tanaman ini juga terbilang cukup baik. Termasuk di daerah tropis seperti Indonesia.

Khasiat Daun Bidara untuk Ruqyah

Menurut para ahli, daun bidara tidak hanya dapat membantu mengatasi gangguan jin.

Tetapi juga bisa digunakan untuk meruqyah hunian, jenazah dan sebagainya. Inilah beberapa khasiat daun bidara yang bisa digunakan jika dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.  

Menghilangkan Gangguan Jin yang Berat

Gangguan jin jenisnya beragam. Ada yang masih ringan ada pula yang akut. Salah satu sarana yang biasa digunakan untuk mengusir jin adalah daun bidara.

Diharapkan jin yang masuk dan bersarang ke dalam tubuh seseorang tidak akan kembali lagi.

Adapun cara penggunaan daun bidara untuk mengusir jin berat yaitu dengan menghaluskan dan memasukkannya ke dalam air. Kemudian, mintalah kepada orang yang kemasukan jin untuk meminumnya.

BACA JUGA : Manfaat Daun BIDARA untuk Kecantikan dan Kesehatan

Sebagian airnya gunakan untuk mandi.

Langkah tersebut tidak hanya dilakukan sebanyak satu kali, namun beberapa kali agar jinnya benar-benar hilang. Hasilnya akan lebih manjur ketika diimbangi dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Ampuh untuk Memandikan Jenazah

Sebagian tempat di Indonesia menggunakan daun bidara untuk memandingkan jenazah.

Mereka meyakini bahwa daun bidara tidak hanya dapat membersihkan jenazah dari kotoran, akan tetapi ada juga khasiat dan kegunaan lain.

Khasiat Daun Bidara untuk Ruqyah
Khasiat Daun Bidara untuk Ruqyah

Adapun cara penggunaan daun bidara untuk ruqyah yaitu dengan membeli atau memetik daun bidara. Kemudian, tumbuk atau remas-remas dan campur dengan air.

Setelah menghasilkan busa, usapkan ke seluruh tubuh saat memandikan jenazah.

Kandungan alami yang terdapat pada daun bidara memang ampuh untuk membersihkan tubuh orang yang meninggal. Selain itu, ini juga dapat membantu mengawetkan jenazah.

Mengatasi Rumah yang Diganggu Jin

Tidak hanya manusia yang menjadi sasaran jin, rumah pun demikian. Apalagi untuk rumah yang lama tak berpenghuni. Bangunan tersebut akan cepat angker dan menakutkan.

Ternyata, salah satu cara mengatasi rumah tersebut adalah dengan menggunakan daun bidara.

Caranya campurkan daun bidara dengan air. Kemudian, bacakan ayat-ayat Al-Qur’an dan ayat-ayat ruqyah. Setelah itu, lanjutkan dengan berdoa kepada Allah agar dijauhkan dengan makhluk halus beserta jin di dalam rumah.

Terakhir, semprotkan atau percikkan air bidara yang telah dibacakan doa di bagian pojok-pojok rumah.

Semprotkan lebih banyak pada bagian rumah yang dirasa paling angker. Lakukan ritual ini secara rutin agar Anda beserta keluarga kembali nyaman tinggal di rumah.

Mengobati Gangguan Sihir

Selain kerasukan jin, ada kalanya manusia juga mengalami gangguan sihir. Sihir merupakan sebuah hawa negatif yang bisa menyakiti seseorang.

Ahli sihir atau dukunlah yang mengirimkan sihir tersebut.

Daun bidara juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan sihir.

Jika Anda kebetulan merasa mengalami gangguan sihir, segeralah merebus daun bidara kemudian minum dan gunakan untuk mandi.

Itu saja tidak cukup, seseorang juga harus semakin rajin beribadah dan berdoa kepada Allah agar dapat menangkal sihir. Imbangi dengan memohon ampunan dan pertolongan kepadaNya.

Tips Ruqyah dengan Daun Bidara

Ada aturan tersendiri saat Anda akan meruqyah menggunakan daun bidara. Simak beberapa langkahnya berikut ini:

Tumbuk 7 Lembar Daun Bidara

Pertama, ambil 7 lembar daun bidara. Kemudian cuci sampai bersih. Jika sudah, tumbuk daun tersebut hingga lembut. Cara menumbuk bisa menggunakan alat tumbuk ataupun blender.

Khasiat Daun Bidara untuk Ruqyah
Khasiat Daun Bidara untuk Ruqyah

Pastikan jumlahnya pas sebanyak 7 lembar (tidak boleh kurang ataupun lebih).

Masukkan ke Dalam Air Minum

Setelah menumbuk hingga halus, masukkan daun tersebut ke dalam air minum.

Sebaiknya, gunakan air zam-zam agar khasiatnya semakin baik dalam meruqyah. Namun, jika terpaksa tidak ada air zam-zam, Anda bisa menggunakan air putih biasa.

Baca Surat-Surat Al-Qur’an

Tahapan berikutnya saat meruqyah menggunakan daun bidara adalah mengimbanginya dengan ayat-ayat Al-Qur’an. Ada beberapa ayat penting yang wajib dibaca sebagai cara manjur untuk mengusir jin dan semacamnya.

Surat tersebut meliputi, QS Al-Fatihah 1x, kemudian ayat Kursi 1x, QS Al-Ikhlas 1x, QS Al-Falaq 1x dan QS An-Nass 1x. Setelah membaca masing-masing surat tersebut langsung tiupkan ke dalam air yang telah disiapkan.

Minum Airnya

Untuk meningkatkan khasiat dari ruqyah, minum air tersebut secara rutin. Akan lebih baik jika sisanya dioleskan ke bagian yang diruqyah atau digunakan untuk mandi.

Untuk rumah, Anda bisa menyemprotkan ke sisi-sisi rumah yang dirasa angker.

Ulangi cara-cara tersebut sampai satu atau dua minggu. Jika kesulitan, seseorang bisa meminta tolong kepada ustadz. Biasanya mereka lebih berpengalaman dalam mengusir jin dan makhluk halus.

Itulah beberapa khasiat dan cara penggunaan daun bidara untuk ruqyah.

Pada dasarnya, seseorang yang terkena jin, sihir dan sebagainya perlu meningkatkan kualitas ibadah dan ketaqwaan kepada Allah. Karena Allah adalah sebaik-baik penolong.

BACA JUGA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *