Jenis-Jenis Pohon Bidara yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Jenis - Jenis Pohon Bidara

Jenis Pohon Bidara – Umumnya orang menganggap pohon Bidara berasal dari Arab. Padahal, pohon ini tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Ternyata, ada pohon Bidara yang berasal dari Cina juga.

Masing-masing varian tentu memiliki ciri khas dan karakter tersendiri.

Di Indonesia, pohon Bidara biasanya digunakan untuk memandingan jenazah dan mengusir jin atau makhluk halus. Namun, sebenarnya manfaat yang ditawarkan tidak hanya itu.

Pohon ini sangat ampuh mengatasi beragam jenis penyakit dan masalah kecantikan.

Macam-Macam Pohon Bidara dan Khasiatnya

Pohon Bidara terdiri dari beberapa jenis. Tiap jenisnya menawarkan manfaat yang cukup kaya. Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui sehingga kurang sadar jika apa yang ada di hadapannya adalah pohon Bidara.

Inilah beberapa jenis pohon Bidara, karakteristik sehingga khasiat yang diberikan:

  • Pohon Bidara Arab

Bidara Arab merupakan jenis Bidara yang paling populer. Bidara jenis ini juga dikenal dengan Bidara Sidr. Saat ini, Bidara Arab banyak dibudidayakan di kawasan Asia Barat yang cenderung beriklim tropis.

Varian Bidara inilah yang dikenal mampu mengusir sihir atau jin.

Karakteristik dari pohon Bidara Arab adalah memiliki duri dan batang berwarna cokelat. Selain itu, daunnya terbilang cukup lebar dengan model gerigi pada tepinya. Bidara Sidr dapat tumbuh dengan subur pada ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan air laut.

Pohon ini juga dapat menghasilkan buah yang berukuran tidak terlalu besar dan berbentuk lonjong. Buahnya akan berwarna merah ketika matang dan rasanya manis. Bidara Arab memiliki khasiat yang cukup beragam.

BACA JUGA : Ini Nih Manfaat BIDARA untuk Kecantikan Alami

Di antara manfaatnya adalah dapat mengusir jin atau sihir, menetralkan hunian yang angker dan semacamnya. Selain itu, Bidara Arab juga dapat mengatasi beragam penyakit seperti penyakit lambung, atasi luka bakar, sariawan dan melancarkan haid.

  • Pohon Bidara Upas

Berbeda dengan Bidara Arab, Bidara Upas mempunyai daun dengan bentuk hati. Ukuran daunnya pun cukup lebar jika dibandingkan dengan Bidara Arab. Jenis pohon Bidara satu ini memiliki manfaat yang tak kalah beragam.

Bahkan akarnya pun dapat dimanfaatkan untuk membuat kain.

Bidara Upas menghasilkan ubi yang dapatkan dikonsumsi manusia. Kandungan ubinya tidak hanya didominasi oleh Karbohidrat, tetapi masih banyak kandungan lain di dalamnya.

Daun Bidara Upas
Daun Bidara Upas

Ubi yang dihasilkan oleh pohon ini terkadang mencapai empat sampai enam buah dengan berat bisa mencapai lima kg. Salah satu alasan orang suka membudidayakan atau membeli Bidara Upas adalah karena manfaatnya yang juga sangat manjur.

Misalnya manfaat dalam membantu mengatasi malaria, melancarkan haid, sebagai anti bakteri, mengobati masalah kulit, meringankan penyakit diabetes hingga menawar racun akibat gigitan ular.

  • Pohon Bidara Putsa

Bidara Putsa juga dikenal dengan Apel India. Dinamakan demikian karena tumbuhan ini banyak tumbuh di kawasan India. Jika sudah berbuah, pohon Bidara Putsa memiliki cita rasa manis yang cenderung mirip buah apel.

Karakteristik daun dari Bidara Putsa adalah berbentuk gerigi dan cenderung oval. Sedangkan pada sisi ujungnya berwarna putih. Sama seperti Bidara Arab, Bidara India ini juga memiliki batang berduri tetapi sama sekali tidak tajam.

Adapun untuk ukuran buahnya mirip seperti bola golf.

Di Indonesia sendiri, cukup banyak petani yang membudidayakannya. Bidara Putsa juga dikenal cocok untuk diet seseorang karena saat memakannya akan tetap kenyang dan jarang lapar.

Pohon Bidara Putsa memiliki beragam manfaat dalam kehidupan manusia.

Seperti membantu obati penyakit asma, efektif turunkan berat badan, mengusir kolesterol-kolerterol jahat, mencegah dan mengobati diabetes hingga meningkatkan kualitas tulang.

  • Pohon Bidara Cina

Jenis pohon Bidara selanjutnya adalah pohon Bidara Cina. Pohon ini memiliki ukuran yang cukup tinggi, bahkan bisa mencapai 10 meter. Anda juga akan menemui sedikit duri-duri pada ranting pohon Bidara Cina ini.

Bidara Cina juga memiliki bunga dan buah. Untuk buahnya ketika masih mentah berwarna hijau dengan bentuk oval.

Namun, berubah menjadi cokelat saat sudah matang. Bentuknya bisa dibilang mirip dengan kurma tetapi lebih keras.

Adapun untuk teksturnya lebih mirip dengan zaitun. Karakter utama dari pohon Bidara Cina adalah daun yang cukup rindang dan buah yang cukup lebat. Khasiatnya juga sangat beragam seperti jenis pohon bidara lain.

Daun dan buahnya sangat ampuh obati penyakit diabetes dan gangguan pencernaan. Tidak hanya itu, Bidara Cina juga dapat mengatasi berbagai masalah kecantikan. Seperti mengatasi jerawat dan bisul.

  • Pohon Bidara Laut

Jenis pohon bidara lainnya adalah Bidara Laut. Dinamakan Bidara Laut karena banyak tumbuh di sekitar pantai. Meski demikian, ada juga yang tumbuh di hutan.

Karakter daun dari jenis Bidara ini adalah lebat dan berbentuk lonjong.

Sementara buahnya berasa manis asam dengan warna merah. Kandungan dari Bidara Laut sangat beragam sehingga dapat memberikan banyak manfaat. Seperti mengatasi reumatik, kencing berdarah, hingga diabetes.

Selain itu, kandungannya juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Tidak heran jika formula ini banyak dimanfaatkan untuk membuat sabun mandi hingga kostemik.

Salah satu pengaruhnya bagi kecantikan adalah untuk cegah penuaan dini dan keriput.

Sebenarnya, masing-masing jenis pohon Bidara memiliki khasiat tersendiri. Tidak bisa disamaratakan satu dengan yang lain.

Pastikan Anda memilih pohon, buah atau daun Bidara yang tepat agar dapat merasakan manfaatnya.

Itulah beberapa jenis pohon bidara yang banyak ditemui di Indonesia. Meski terdiri dari beberapa jenis pohon Bidara, umumnya tumbuhan ini memiliki manfaat yang cukup beragam dan telah dibuktikan oleh banyak orang.

BACA JUGA :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *