Berbagai Macam Manfaat Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Tumbuhan Bidara – Tanaman Bidara sering juga disebut Jujube ataupun sebutan yang lain seperti Indian plum dan Chinese apple adalah tanaman herbal yang memiliki beraneka macam manfaat bagi Kesehatan tubuh maupun untuk bahan baku produk Kecantikan.

Widoro atau Bidara merupakan merujuk dari pada pohon dengan nama latin Ziziphus Mauritiana, peredu kecil yang menghasilkan buah. Bidara memiliki beberapa jenis diantaranya Bidara Laut dan Bidara Upas.

Manfaat Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan

DI berbagai daerah di Indonesia, tanaman bidara laut maupun bidara upas ini memiliki sebutan yang sedikit berbeda antar daerah.

Seperti misalnya Kayu Ular, merupakan sebutan untuk Bidara Laut di daerah Sumatera. Sedangkan di Jawa sering disebut Bidara Gunung. Di Bugis pun juga demikian, menyebut Bidara Laut ini dengan sebutan bidara mapai.

Bidara Upas di Maluku sering disebut sebagai Hailale, sedangkan di Jawa sering disebut sebagai Widoro Upas dan Blanar.

Seringkali tanaman Bidara ini atau lebih tepatnya daun bidara banyak dipakai untuk keperluan melindungi diri dari energi negatif seperti gangguan jin, santet dan mahluk gaib lainnya.

Sebagai salah satu tanaman herbal yang mengandung beberapa nutrisi berikut beberapa manfaat yang terkandung dari Tanaman Bidara :

Manfaat Bidara untuk Kesehatan : Mengandung Antioksidan

Emulsi Daun Bidara memiliki kandungan Polifenol sebagai Antioksidan yang dapat berguna untuk meremajakan kulit.

Terdapat Aktivitas Antioksidan pada Ekstrak Metanol maupun Etanol pada Daun Bidara.

Senyawa Polisakarida, flavonoid maupun asam triterpenic merupakan beberapa senyawa Antioksidan yang ada pada buah bidara.

BACA JUGA : Khasiat Daun Binahong untuk Masalah Kesehatan

Dan yang tak kalah pentingnya, Buah bidara ini juga terdapat kandungan vitamin  yaitu vitamin C yang cukup tinggi, dan tentunya kandungan vitamin C ini sangat bagus sebagai Antioksidan Non Enzimatik.

Antioksidan tak lain merupakan suatu senyawa yang mampu untuk menangkal kemungkinan timbulnya dampak negative dari Oksidan dalam tubuh seperti ROS (Reactive Ocsidan Spesies) serta radikal bebas yang lain.

Manfaat Buah Bidara
Manfaat Buah Bidara (https://tanamanmart.com/khasiat-daun-bidara-pohon-bidara/)

Senyawa Aktif dalam Bidara berfungsi sebagai Anti Malaria.

Memang belum pasti senyawa apa yang berfungsi sebagai anti malaria. Namun diduga, senyawa flavonoid dan terpenoid saling bersinergi sebagai anti malaria.

Flavonoid, senyawa ini memiliki sifat yang khas yaitu bau yang tajam serta mudah terurai dalam suhu yang tinggi. Flavonoid juga efektif mengurangi pembekuan darah.

Senyawa Terpenoid memiliki peran aktif dalam proses metabolisme dalam tubuh manusia, serta pemulihan sel – sel tubuh.

Salah satu Tanaman Obat Herbal Nusantara.

Sangat Logis jikalau tanaman bidara ini banyak yang menyebut sebagai salah satu tanaman herbal andalan Nusantara.

Ini dikarenakan, hampir semua bagian dari tanaman bidara ini dapat difungsikan sebagai bahan baku obat herbal. Mulai dari Daunnya, buahnya, akarnya bahkan kulit batangnya.

Kita mulai dari Akar tanaman bidara. Bagian akar bidara ini berfungsi untuk menyembuhkan batuk, sakit kepala serta sakit empedu. Seringkali juga dapat digunakan sebagai obat penyakit disentri maupun timbulnya radang pada usus.

Untuk menggunakan bagian Akar pada tanaman Bidara sebagai obat, campurlah dengan Susu Murni terlebih dahulu, barulah kemudian disuguhkan kepada pasien.

Akibat kandungan strychin, senyawa aktif yang biasa digunakan untuk tonikum, semua bagian tanaman bidara ini memiliki rasa yang pahit.

Sebagai Bahan Baku Kosmetik

Efek Herbal lain yang dimiliki oleh tanaman Bidara adalah memiliki fungsi untuk menghaluskan dan membersihkan kulit tubuh. Daun Bidara seringkali digunakan sebagai Masker untuk mengencangkan kulit muka.

Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan
Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bidara memiliki sifat diaforetik, antiinflamasi, analgesic maupun antelmintik.

Kayu dan biji dihaluskan untuk obat luar penyakit kulit seperti kurap dam radang.

Menjaga kulit wajah dan tubuh yang kering

Setiap wanita tentu mengidamkan kondisi kulit yang lembab serta bersinar. Kulit muka yang kering bisa membuat seorang kehilangan keyakinan diri, untuk menangani permasalahan ini, sebaiknya kamu menggunakan daun bidara yang dipakai menjadi masker.

BACA JUGA : Manfaat Daun KELOR alias MORINGA untuk Wajah Cantikmu

Nah bagaimana proses pembuatannya ? Hancurkan Daun Bidara hingga lembut kemudian campur dengan air secukupnya, kemudian gunakan campuran tumbukan daun bidara yang sudah dihancurkan tadi dan air ini sebagai masker, kamu juga dapat menambahkan jeruk lemon ataupun madu sebagai campuran Masker Daun Bidara ini. Paling akhir bersikan sama air hangat lalu kulit anda akan terlihat bersinar dan berkilau.

Meningkatkan Nafsu Makan

Batang kayu tanaman bidara seringkali digunakan sebagai obat penambah nafsu makan.

Pada umumnya untuk keperluan obat penambah nafsu makan tersebut, kayu bidara diproses untuk menjadi bentuk kapsul ataupun menjadi teh bidara, sehingga memudahkan untuk mengkonsumsinya.

BAtang kayu tanaman ini juga berfungsi untuk meredakan gangguan pencernaan, mengobati kanker lambung serta melancarkan peredaran darah.
Buah bidara merupakan sumber karoten, vitamin A, dan C dan Lemak.

Selain memiliki begitu banyak manfaat dalam dunia Kesehatan, Bidara juga memiliki manfaat yang cukup besar untuk industri kecantikan.

Berikut beberapa Manfaat Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan :

Sebagai Pelembab Kulit Kering

Adanya Kandungan Lemak serta Mineral yang terdapat pada setiap helai Daun Bidara sangat berpotensi untuk melembabkan kulit yang memiliki karakter kering.

Untuk menggunakannya sebagai Masker, kamu cukup menghaluskan daun bidara, oleskan pada area kulit yang kering,kemudian bilas olesan daun bidara setelah 30 menit.

Manfaat Bidara untuk Kecantikan : Bikin Kulitmu jadi Cerah and Look So Cute.

Bikin Jengkel kan, kalo muka kita jadi berbekas akibat Jerawat yang selalu nempel. Nah Daun Bidara merupakan salah satu tanaman herbal yang saat ini banyak digunakan untuk mengatasi kulit kusam serta menghilangkan bekas jerawat yang menempel pada wajah kita.

Potensi ini dikarenakan adanya kandungan Zat Antioksidan dan Vitamin C pada Daun Bidara.

Daun bidara sangat baik dalam melembabkan dan efektif mencerahkan kulit. Yang lebih hebatnya daun Bidara ini bisa menangkal gangguan jin dan syaitan. Masyaa Allah kan, khasiatnya..

Saat ini pun terdapat beberapa produk kecantikan seperti skincare maupun bodycare local yang menggunakan tanaman bidar aini sebagai bahan produk andalannya, seperti FABIL Skincare yang begitu diminati oleh para Wanita di Indonesia ini.

Mengobati Luka Cedera

Pengobatan Luka bisa dipercepat karena daun bidara memiliki kandungan senyawa glikosida, hingga pergantian kulit demikian efisien karena ada senyawa ini.

Menjaga Rambut yang Rusak

Manfaat lainnya dari daun bidara di industri kecantikan ialah bisa merawat dan menjaga kesehatan pada rambut.

Bunga Tanaman Bidara.
Bunga Tanaman Bidara. (Sumber : https://sawonbudidaya.com)

Untuk memperoleh kualitas Rambut yang kuat dan tidak gampang rontok, sering memakai Daun Bidara karena tanamaan ini memiliki sifat seperti Hair Tonic.

Menyembuhkan Kulit yang Meradang

Kandungan antiinflamasi yang terdapat pada daun bidara bisa menenangkan kulit yang meradang.
Tumbuk daun bidara lalu lekatkan di kulit yang meradang dan bisa menantang bakteri pemicu iritasi.

BACA JUGA : Khasiat Kelor untuk Cantik ALAMI

Menangani Jerawat

Kandungan zat antibakteria pada tiap lembar daun bidara berpotensi untuk menangani permasalahan pada kulit secara umum seperti permasalahan jerawat, yang bisa saja menyebalkan seandainya penyakit itu muncul saat usia puber.

Lumatkan saja daun bidara, kemudian campur sama air perasan lemon selanjutnya berikan di wajah sepanjang lebih kurang 20 menit yang lalu basuh sama air bersih kalau sudah usai.

Bagi Muslim, ini nih penjelasan Tanaman Bidara sesuai penjelasan Ustadz Khalid Basalamah :

Manfaat Tanaman Bidara dan Cara Menggunakannya

Sebagai Obat Kista

Untuk Mengobati Kista dengan Daun Bidara, lakukan beberapa hal ini :

Bahan :

  • Bidara Laut yang sudah dihaluskan sebanyak 1 Sendok Teh
  • Daun dan Batang Benalu teh Scurrula Atropurpurea yang dicacah sebanyak 1/2 genggam
  • Daun Sambiloto Androganus paniculata segar sebanyak 17 lembar.

Cara Membuat :

Rebus bahan – bahan yang tersbut diatas dengan menggunakan air sebanyak 5 gelas, rebus hingga air tersebut menjadi kira – kira 3 gelas. Lalu angkat dan lakukan penyaringan. Untuk aturan meminumnya sebanyak 3 kali dalam sehari dengan takaran setiap minum adalah 1/2 gelas. Rutinkan meminumnya sesudah makan setiap hari pagi, siang dan sore.

Mengobati Tumor

Manfaat tanaman bidara dan cara menggunakannya selanjutnya adalah sebagai obat penyakit tumor.

Bahan :

Umbi Segar bidara upas Merremia Mammosa 3/4 jari dan Madu secukupnya.

Cara Membuat : Umbi Segar bidara upas dicuci bersih lalu diparut, tambahkan lima sendok air matang, peras dan saring airnya. Tambahkan 2 sendok makan madu. Air perasan diminum 3 kali sehari. Ampasnya bisa digunakan sebagai kompres bagian yang sakit.

Tanaman Bidara untuk mengobati Demam

Bahan :

  • Umbi bidara upas sebanyak 50 gram
  • Daun pegagan sebanyak 50 gram
  • Air 5 gelas

Cara Membuat :

Umbi Bidara Upas dicuci, dikupas lalu diparut. Kemudian campurlah dalam air sebanyak 100 cc, peras dan saring. Masukkan daun pegagan dalam air hingga mendidih, disusul air perasan bidara upas. Tunggu hingga tersisa 2,5 gelas. Angkat, saring dan dinginkan. Minum 3 kali sehari.

Disclaimer ya temen2, resep untuk pengobatan dengan menggunakan tanaman bidara ini saya dapatkan dari Buku Terbitan TRUBUS yang berjudul “Herbal Indonesia Berkhasiat – Vol. 08”.

Oke Gaes, demikian ulasan mengenai Manfaat Bidara untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga ada manfaatnya buat temen – temen semua ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *