Pakaian Wanita Muslimah Menurut Syariat Islam

Pakaian Wanita Muslimah Menurut Syariat Islam

Pakaian Wanita Muslimah – Setiap muslim harus menggunakan pakaian sesuai dengan apa yang sudah ditentukan di dalam Alquran dan hadis. Pakaian wanita muslimah menurut syariat Islam sudah diatur sedemikian rupa demi melindungi perempuan. Ada aturan-aturan yang harus diikuti dalam mengenakan pakaian.

Firman Allah Dalam Alquran Tentang Pakaian

Setiap umat muslim diwajibkan untuk menutup aurat. Hal tersebut sebagaimana yang tercantum dalam Quran Surat Al A’raf ayat 26 yang berbunyi:

Aurat perempuan sendiri terdiri dari seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Mengenai aturan bagaimana pakaian yang seharusnya dikenakan oleh wanita muslimah sudah tercantum dalam Quran Surat Al-Ahzab ayat 59 yang berbunyi:

Sumber : https://tafsirweb.com/

Islam memang tidak membatasi model pakaian maupun warna. Namun, sebaiknya gunakan warna pakaian yang tidak terlalu mencolok agar tidak menggoda lawan jenis. Aturan umum yang telah ditetapkan sejatinya adalah demi kepentingan wanita muslimah.

Berbagai model baju dan pakaian untuk wanita kini telah banyak dikreasikan sesuai dengan tren yang tengah berjalan. Tidak ada salahnya untuk mengikuti tren namun harus tetap memperhatikan kaidah dan aturan yang telah dijelaskan di dalam Alquran.

Syarat Pakaian Wanita Muslimah Menurut Syariat Islam

Berpakaian bukanlah sekedar untuk menutup anggota badan tertentu saja, namun harus memenuhi aturan yang telah ditetapkan dalam agama Islam. Karena aturan mengenai pakaian wanita wajib, maka harus diikuti jika tidak hukumnya adalah dosa. Berikut ini syarat pakaian wanita muslimah yang syar’i:

Tidak Transparan

Pakaian wanita yang sesuai syariat haruslah menutup dengan sebaik mungkin bagian tubuh agar jangan sampai tembus pandang hingga lekukan tubuh terlihat secara samar. Pakaian yang transparan bukanlah ciri-ciri pakaian yang islami karena sama saja berpakaian tapi telanjang.

Sehingga warna dan bahan pakaian yang dipilih tidak boleh transparan agar lekuk tubuh tidak terlihat. Artinya bahan yang digunakan tidak terlalu terang dan juga tidak tipis. Pakaian yang sesuai syariat juga harus dipertimbangkan saat dalam keadaan berkeringat maupun kehujanan agar tidak tembus.

Menutup Aurat adalah Salah Satu Ciri Pakaian Muslimah

Ketentuan aurat bagi wanita muslimah adalah seluruh tubuh kecuali telapak tangan dan wajah. Maka yang harus menjadi prinsip utama saat memilih pakaian adalah harus menutup aurat secara keseluruhan sebagaimana yang telah diatur sesuai syariat.

Sehingga bagian lengan dan kaki juga harus tertutup. Untuk mengantisipasi agar aurat pada bagian tersebut tidak terbuka maka gunakan kaos kaki dan manset tangan. Tujuannya agar bagian lengan pergelangan tangan dan kaki tidak mudah tersingkap ketika beraktivitas.

Pakaian Wanita Muslimah Menurut Syariat Islam
Pakaian Wanita Muslimah Menurut Syariat Islam

Tidak Top 7 Bodybuilding Supplements for Muscle Growth | Legion Athletics steroids for sale how to start bodybuilding for females menyerupai lawan jenis

Rasulullah telah bersabda dalam satu Hadis Riwayat Bukhari yang berbunyi:

Ciri Pakaian Muslimah Sesuai Syari – Sumber : Rumaysho.com

Dari hadis tersebut memang tidak menyiratkan bahwa laki-laki tidak boleh menyerupai pakaian perempuan begitupun sebaliknya. Namun, hadis tersebut secara umum mengandung makna bahwa Rasulullah melarang untuk menyerupai lawan jenis tak terkecuali dalam hal berpakaian.

Tujuannya agar bisa menjadi pembeda antara wanita muslimah dan laki-laki muslim. Jika laki-laki mengenakan celana, kemeja khusus laki-laki, peci dan ciri-ciri pakaian laki-laki lainnya maka sebaiknya wanita tidak mengikutinya. Kecuali jika desain dari pakaian tersebut memang untuk wanita.

Tidak ketat

Pakaian yang ketat akan lebih mudah menonjolkan bagian-bagian tertentu pada tubuh sehingga terkesan seksi dan bisa menggoda lawan jenis. Oleh karena, itu Islam mengatur umatnya agar menggunakan pakaian yang longgar dan tidak ketat.

Tujuannya tidak lain agar lekukan tubuh tersebut tidak terlihat sehingga orang yang melihat tidak terpancing untuk melakukan hal-hal yang negatif. Seperti cat calling hingga perbuatan dosa seperti zina. Gunakan pakaian yang memiliki ukuran melebihi ukuran badan agar tidak ngepres atau ngepas.

Islam Mengajarkan untuk Sederhana

Rasulullah senantiasa mengajarkan kepada umatnya untuk senantiasa hidup sederhana termasuk dalam hal berpakaian. Karena fungsi utama pakaian pada dasarnya adalah untuk menutup aurat agar wanita muslimah terlindungi dan terjaga fitrah kesuciannya.

Kategori sederhana adalah tidak berlebihan atau tidak terlalu menunjukkan kemewahan sehingga terkesanglamour. Boleh menggunakan pakaian dengan model apapun asalkan sesuai dengan syariat Islam dan tidak terlalu berlebihan.

Pakaian Muslimah Syari : Tidak Menyerupai Pakaian Orang kafir

Pakaian wanita yang menyerupai orang kafir sebaiknya tidak digunakan apalagi jika tidak sesuai dengan syarat-syarat dan ketentuan dalam aturan agama Islam seperti yang disebutkan di atas. Menyerupai dalam hal ini dari segi baju yang biasanya tidak menutup aurat.

Pakaian Muslimah Syari
Pakaian Muslimah Syari

Karena seperti diketahui pada umumnya orang-orang kafir tidak menutup aurat sebagaimana umat Islam pada umumnya. Sehingga rambut dan beberapa anggota tubuh lainnya pun masih kelihatan. Bahkan tak jarang orang kafir yang mengenakan baju ketat dan membentuk lekuk tubuh.

Tidak untuk mencari popularitas

Tidak dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang ditujukan untuk mencari popularitas atau dikenal dengan istilah pakaian syuhroh.

Pakaian syuhrah biasanya dikenakan untuk tujuan meraih ketenaran baik dari segi desain bahan maupun harga. Menggunakan pakaian seperti ini di tengah-tengah orang banyak biasanya akan menimbulkan rasa ujub terhadap apa yang dipakainya dan memandang orang lain rendah.

Tidak menggunakan parfum atau wewangian

Wewangian atau parfum seringkali menjadi salah satu hal yang yang membuat lawan jenis tergoda. Apalagi jika wanita muslimah tersebut melewati kaum laki-laki di depannya hingga bau parfum yang begitu wangi tercium oleh laki-laki tersebut.

Maka sebaiknya gunakan parfum yang tidak terlalu menyengat baunya dengan tujuan agar terlindungi dari bau badan. Jangan terlalu dekat dengan laki-laki yang bukan mahram dan tetap menjaga jarak untuk menghindari fitnah.

Tidak menarik perhatian

sebagian wanita ada yang sengaja mengenakan pakaian demi tujuan untuk menarik perhatian lawan jenisnya baik dari segi model warna maupun bahan. Jika tujuan berpakaian adalah untuk hal tersebut maka tentu saja dilarang dalam agama Islam.

Islam membatasi hubungan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram termasuk dalam hal bagaimana mengatur mereka berpakaian agar tidak menggoda lawan jenis. Sehingga sangat penting untuk memperhatikan pakaian apa yang dikenakan agar jangan sampai membuat lawan jenis tergoda.

Menutup aurat hukumnya adalah wajib bagi semua umat Islam. Aturan terkait aurat yang harus ditutup sudah diatur di dalam Alquran dan hadis. Jika melanggar, maka termasuk perbuatan dosa. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenakan pakaian wanita muslimah yang sesuai syariat.

Cek Koleksi Pakaian Wanita Muslimah Syari di GamisAulia.com Ya Shalihah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://slotbet.online/